Semarak Perayaan Gema Hijriyah dan Sumpah Pemuda di Bali

Denpasar (Pemuda Muslim Online) — Majelis Ulama Indonesia (MUI) Provinsi Bali bekerja sama dengan Suara Umat dan Pemuda Muslimin Indonesia mengadakan kegiatan Gema Hijriyah dan Sumpah Pemuda.

Acara yang diselenggarakan hari Ahad (25/10/2015) 2015 di Aula Kampus STIMIK STIKOM Bali Jalan Raya Puputan No 86 renon, Denpasar, Bali ini merupakan pertama kali diadakan oleh MUI Provinsi Bali.

Acara diisi dengan bedah buku “Jang Oetama Jejak dan Perjuangan H.O.S Tjokoraminoto” dengan menghadirkan langsung penulis buku Prof Dr Aji Dedi Mulawarman.

Ada juga pemutaran cuplikan film Guru Bangsa Tjokroaminoto karya Sutradara Garin Nugroho. Acara Gema Hijriyah dan Sumpah Pemuda dibuka dengan lantunan ayat suci Al-Qur’an dan juga sambutan dari Ketua MUI Provinsi Bali Bapak H Muhammad Taufik Asyadi, S. Ag.

Dari Pemuda Muslim hadir langsung Ketua Umum PB Pemuda Muslimin Indonesia, M. Muhtadin Sabili. Dalam sambutannya Bang Bili sangat mengapresiasi kegiatan tersebut dan berharap kedepannya dapat terus berkesinambungan.

Acara Gema Hijiryah dan Sumpah Pemuda semakin berwarna ketika mahasiswa-mahasiswi paduan suara dari Kampus Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Al-Ma’ruf unjuk kebolehan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Panggilan Jihad.

Tak ketinggalan suara merdu UKM Hadrah STAI Al Ma’ruf mengundang decak kagum para undangan yang hadir. Saat sesi bedah buku Rochtri Agung Bawono SS,M.si seorang Akademi dan Alumni HMI Kota Denpasar ditunjuk sebagai kritikus dan pembading buku karangan Aji Dedi Mulawarman.

Berbagai lomba kreatif juga diadakan untuk menambah kemeriahan acara yang dhadiri oleh puluhan organisasi keislamana dan mahasiswa di Bali khususnya Kota Denpasar. Lomba-lomba yang diadakan diantaranya lomba foto selfie dengan latar masjid, lomba cipta karya puisi, lomba artikel pejuangan, dan lomba membuat cerpen.* /Herdian Armandhan

(PB/yh)